Sign by Ryyan ruwet -

Bagi kalian para followers selamat datang dan selamat menikmati artikel dalam blog ini dan silahkan bebas mengCopy " GGRRRRAAAAAAATTTIIIISSSS "

Not Indonesian, Please translate here :

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : ryyanruwetwetruwet & ther - wher
Tampilkan NavBar

Cara Mempartisi Flashdisk

rohos-logoRohos Mini Drive merupakan sebuah software yang dapat menciptakan partisi virtual yang aman dan tersembunyi di dalam sebuah flashdisk (USB Drive). Dengan program ini, anda bebas menetapkan besarnya partisi yang akan digunakan menyimpan berkas-berkas rahasia, sementara sisanya bisa anda biarkan untuk file yang tidak sensitif. Partisi yang terbentuk tidak akan terlihat, sekalipun anda menghidupkan “Show hidden files, folders, and drives” dari Folder Options di Windows.
Saat dalam keadaan tidak terkunci, anda bisa mengakses dan menggunakan isi partisi tersebut seperti layaknya memperlakukan drive dan file lainnya dengan Windows Explorer. Begitu drive virtual itu di-disconnect, dia akan tersembunyi dan terlindungi oleh password yang anda ciptakan sendiri. Siapapun tidak bisa melihat apalagi mengakses volume tersebut, kecuali anda.
Software ini bisa anda unduh (download) dengan mengklik tautan download Rohos Mini Drive ini. File setup-nya hanya berukuran sekitar 2 MB. Setelah selesai mengunduh, silakan anda install program tersebut.

Cara membuat partisi

Perhatikan pada taskbar Windows [kanan bawah] anda apakah sudah ada icon kotak kuning berisikan huruf “R” atau belum. Kalau sudah, berarti Rohos Mini Drive sudah berjalan. Klik dua kali icon tersebut untuk menampilkan jendela utama Rohos Disk. Kalau belum, jalankan Rohos Mini Drive [bisa dari Start Windows atau dari icon di Desktop].
rohos-disk
Untuk membuat partisi baru, klik Setup USB Key pada jendela utama Rohos Disk. Maka akan terbuka jendela ‘Setup USB Key’. Di sini anda bisa mengubah USB Device mana yang akan dipartisi. Dan anda juga bisa mengubah seberapa dari sisa volume flashdisk [dalam megabytes] yang akan dipartisi. Kemudian isikan password yang anda kehendaki untuk mengamankan partisi tersebut. Ketik konfirmasi password sekali lagi dan tekan Create disk.
setting-drive
Tunggu beberapa saat, karena Rohos Mini Drive sedang membuat dan mengenkripsi partisi tersebut. Ketika ada pesan ‘partisi enkripsi berhasil dibuat’, tekan Ok. Dan partisi anda sudah siap digunakan.

Mengakses dan menggunakan partisi

Pada jendela utama program ini, klik Browse. Atau bisa juga anda klik kanan pada icon Rohos di taskbar, lalu pilih Explore Disk. Windows Explorer akan membuka drive virtual yang baru saja dibuat. Anda perhatikan bahwa virtual drive tersebut adalah terpisah dari drive flashdisk anda yang sebenarnya.
Selanjutnya anda bisa menaruh berkas-berkas sensitif milik anda di dalam drive virtual itu. Tentunya anda tidak bisa menaruh file yang besarnya melebihi alokasi volume drive yang sudah anda tetapkan sebelumnya.
Setelah selesai menggunakan partisi tersebut, putuskan koneksi drive virtual dengan mengklik Disconnect dari jendela utama Rohos Disk. Atau bisa juga anda klik kanan pada icon Rohos di taskbar, lalu pilih Disconnect X: [X hanyalah contoh dari virtual drive. Yang tertera di komputer anda bisa berbeda]. Setelah di-disconnect, partisi itu akan aman tersembunyi dan terlindung [kecuali ada yang mencuri password anda, he he he]
O iya, anda juga bisa mengakses partisi ini pada komputer lain yang belum terinstall Rohos Mini Drive sekalipun. Caranya; jalankan file Rohos mini.exe yang ada di dalam flashdisk tersebut di manapun anda mencolokkannya. File tersebut merupakan versi portable dari Rohos Mini Drive.
rohos-files
Rohos Mini Drive akan otomatis menambahkan tiga file dengan nama berawalan ‘rohos’ di dalam sebuah flashdisk yang dipartisi olehnya.

Menghapus partisi

delete-drive
Jika suatu saat anda memutuskan untuk menghapus drive virtual yang telah dibuat, pastikan dulu anda telah memindahkan berkas-berkas penting yang ada di dalamnya. Cara menghapusnya; pada jendela utama Rohos Disk, klik Tools lalu pilih Delete disk. Anda akan ditanya apakah yakin akan menghapus partisi tersebut. Kalau yakin, pilihYes. Kemudian masukkan password untuk partisi tersebut, lalu klik Ok. Maka partisi tersebut akan lenyap dari volume flashdisk anda.
Demikian dulu informasi dari saya. Semoba bermanfaat bagi anda.

0 coments:

Poskan Komentar

Buku Tamu

ShoutMix chat widget

Most Populer